Apple Ingin 'Habisi' Penirunya


Fino Yurio Kristo - detikinet
California - Apple berang bukan main dengan perusahaan bernama Psystar yang dituding melanggar hak ciptanya. Apple pun meminta hakim di pengadilan California untuk menghentikan sepenuhnya penjualan produk Psystar.

"Jika tidak demikian, Psystar tidak akan berhenti melakukan perbuatan tidak sah, yang melukai bisnis serta merek Apple," ucap pihak Apple.

Apple dan Psystar telah bertarung di pengadilan sejak Juli 2008. Apple menuding Psystar melanggar 8 hak patennya. Memang, Psystar menjual software yang mirip dengan sistem operasi Apple, OS X.

Awal bulan ini, Apple telah menang dalam salah satu kasus. Hakim bernama William Alsup memutuskan Psystar melanggar hak Apple dengan mereproduksi sistem operasi OS X.

Dalam gugatannya, Apple juga meminta sejumlah denda. Namun perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini menyatakan meski denda akhinya diberikan, tetaplah tidak akan menyamai kerusakan yang diderita Apple akibat tindakan Psystar.

Karena itu, seperti dilansir PcMag dan dikutip detikINET, Sabtu (28/11/2009), Apple berharap pengadilan melarang Psystar menjual produk yang mirip dengan produk Apple. Ini untuk mencegah vendor lain terinspirasi berbuat hal yang sama.

0 komentar:

Posting Komentar